Chrome VS Edge, Mana Browser yang Terbaik?



Saat ini, browser menjadi aplikasi mutlak yang wajib ada di sebuah perangkat. Untungnya sekarang ini setiap perangkat sudah tersedia browser bawaan. Pada artikel kali ini saya akan mereview sedikit tentang dua browser yang sengit bersaing, namun dengan basis yang sama, yaitu chromium.

Google Chrome adalah browser yang dibuat oleh Google yang berbasis Chromium, yang mana Chromium sendiri juga merupakan project Google. Chrome telah merajalela di berbagai perangkat. Mulai dari perangkat PC hingga mobile. Chromium menjadi browser source project yang populer. Beberapa brand browser lain juga ada yang beralih menggunakan basis chromium. Salah satunya adalah Microsoft Edge yang  merupakan browser pendatang baru dengan basis chromium.

#Google Chrome

Dulu saya sangat fanatik dengan browser yang satu ini.  Saya merasa sangat puas dengan kinerja yang dimiliki browser berbasis chromium ini. Terlebih lagi google chrome terintegrasi dengan layanan akun google, semuanya jadi seamless dan praktis.

User Interface google chrome selaras dengan UI milik layanan google pada umumnya, yaitu Material Design yang juga selaras dengan material design pada android. Tampilanya begitu minimalis dan smooth. Google Chrome juga memiliki startup atau proses membuka aplikasi yang cepat.

#Microsoft Edge

Microsoft edge adalah browser yang mempunyai banyak sekali fitur yang ditawarkan. Bahkan sempat menjadi perbincangan di Internet karena beberapa fitur yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh pengguna. Namun edge lebih unggul dalam penggunaan resource yang lebih rendah dibandingkan dengan google chrome.

Microsoft juga sepertinya kocar-kacir dalam menawarkan browsernya, khususnya kepada pengguna chrome.

Berikut Fitur-fitur unggulan yang ada di Microsoft Edge
  1. Sleeping tab
  2. Reading View
Saya sendiri lebih memilih edge pada perangkat PC, rasanya lebih kompatibel saja dengan windows, dan UI yang lebih menyatu dengan windows, khususnya di windows 11

Kesimpulan

Google Chrome dan Microsoft Edge sama-sama dibangun dengan basisi chromium yang memiliki fungsionalitas cukup baik. Keduanya memiliki integrasi dengan layanannya masing-masing. Google chrome terintegrasi dengan akun google yang memiliki banyak sekali layanan workspace yang tak ada duanya. Microsoft Edge juga terintegrasi dengan akun Microsoft yang juga tak kalah dengan workspace lain diantaranya seperti Outlook, Onedrive, dll.

Google Chrome dan Microsoft edge memiliki tampilan dengan ciri khasnya masing-masing. Google Chrome lebih menyatu dengan semua layanan google, sedangkan Microsoft edge lebih selaras dengan layanan microsoft, seperti pada sistem operasi windows.

Reaksi:
Amir

Amir

Hi, I'm Amir Faozi. An illustrator and personal blogger based in Kebumen, Central Java. I love nature and traveling.
Post a Comment