-->

3 Cara Praktis Screenshot Layar Di Windows


Asyik Browsing - Screenshot adalah cara mengambil gambar yang ada di layar PC maupun laptop. Kamu dapat mengambil tangkapan layar di hampir semua platform, dan screenshot layar di Windows tidak berbeda. Screenshot sangat memudahkan pekerjaan kita misalnya ketika kita membuat tutorial maupun pekerjaan kantor. 
Dalam artikel ini saya akan menunjukkan kepada kamu beberapa cara praktis untuk Screenshot di Windows.

1. Menggunakan tombol kombinasi Windows+Shift+S
  • Tombol kombinasi ini hanya bisa dipakai di Windows 10. Dengan tombol kombinasi ini, kita bisa menyeleksi gambarnya terlebih dahulu sebelum di simpan. 
  • Hasil tangkapan layar bisa di paste ke aplikasi Paint lalu save ke jpg.
2. Menggunkan tombol kombinasi Windows+PrtScr
  • Tekan tombol kombinasi Windows+PrtScr secara bersamaan
  • Hasil tangkapan layar akan tersimpan di C:\Users\username\Pictures\Screenshots

3. Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool merupakan tool screenshot yang sudah built in di Windows. Cara menggunakannya sebagai berikut :
  • Buka atau ketik "Snipping Tool" pada Windows Start

  • Klik "New" atau CTRL+N

  • Selanjutnya kalian bisa seleksi layar yang ingin diambil, lalu save ke dalam format image (*.jpg, *.png, etc)

4. Menggunakan Aplikasi Lightsot

Lightshot adalah tool yang digunakan untuk menangkap layar desktop menjadi sangat mudah. Jika kamu seorang blogger yang sering menulis artikel tutorial yang melibatkan aplikasi desktop, pasti membutuhkan tool ini. Misalnya, kamu mungkin ingin menunjukkan lokasi pengaturan tertentu di Google Chrome melalui gambar. Lightshot juga memungkinkan kamu untuk menyorot teks tertentu jika kamu ingin Screenshot dari suatu teks dan membagikannya kepada seseorang. Berikut ini adalah fitur yang ditawarkan oleh Lightshot : Pen, Line, Arrow, Rectangle, Marker, Text.

  • Untuk mulai menggunakan Lightshot pada Windows, cukup jalankan aplikasi Lightshot pada Windows. Kamu akan melihat ikon Lighshot pada system tray.

  • Klik ikon dan layar kamu akan berubah menjadi agak gelap. Lightshot juga akan mengubah kursor menjadi pemilih area. Untuk memilih area yang ingin kamu tangkap, klik titik awal dan seret sesuai dengan area yang ingin kamu tangkap.

  • Lightshot memungkinkan kamu untuk mengunggah setiap tangkapan layar yang kamu ambil. Tetapi pertama-tama, kamu harus masuk sebelum dapat melakukannya. Lightshot memungkinkan kamu untuk masuk melalui akun Facebook atau akun Twitter. Mengunggah tangkapan layar kamu bisa menjadi pilihan bagus untuk bekerja secara kolaboratif dengan rekan satu tim kamu saat kamu tidak berada di ruangan yang sama dengannya. Kamu dapat mengunggah tangkapan layar yang kamu ambil dan memungkinkan rekan kerja kamu menggunakannya.
  • Tangkapan layar yang kamu unggah akan disimpan ke server Lightshot dan kamu dapat mengelola tangkapan layar yang diunggah dalam fitur galeri yang ditawarkan oleh Lightshot. Untuk masuk ke Lightshot, klik kanan ikon Lightshot pada sistem tray dan pilih Sign In.

Demikian tutorial cara praktis screenshot di windows, semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian. Terimakasih.






0 Response to "3 Cara Praktis Screenshot Layar Di Windows"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel